Teknologi Toyota Terbaru, Generator Piston Tanpa Crankshaft
Teknologi Toyota Terbaru, Generator Piston Tanpa Crankshaft –
Perkembangan teknologi terus mengalami kemajuan, berbagai riset
dilakukan demi menghasilkan teknologi yang kian mutakhir. Dan baru-baru
ini sebuah tim di laboratorium pusat penelitian dan pengembangan
teknologi Toyota mengembangkan prototipe mesin generator dengan piston
bebas dan model silinder linear, mesin generator tersebut diberi nama
Free Piston Engine Linear Generator (FPEG). Uniknya lagi teknologi ini
juga tanpa crankshaft alias tidak menggunakan poros crank. Kita terbiasa
memiliki gambaran bahwa setiap ada piston pasti ada crankshaft yang
berguna untuk mengubah gerak naik turun piston menjadi getak putar,
namun teknologi generator piston ini tidak menggunakan crankshaft
ataupun poros crank.
Teknologi generator piston tanpa poros crank ini memiliki bentuk yang
ramping dan dibangun dengan strutur yang padat, memiiki efisiensi tinggi
dan hemat bahan bakar yang tinggi. Toyota membayangkan bahwa sepasang unit
teknologi generator piston tersebut (dengan daya 20 kW) akan mampu
mengaktifkan bagian B / C mesin kendaraan listrik untuk melaju pada
kecepatan 120 km / jam (atau 75 mph). Tim riset teknologi tersebut
menyajikan dua makalah tentang keadaan pekerjaan mereka baru-baru ini pada
SAE 2014 World Congress di Detroit.
Teknologi Generator Piston Tanpa Crankshaft Buatan Toyota
Generator piston dengan tanpa crankshaft atau teknologi FPEG tersebut
terdiri dari ruang pembakaran bermodel dua-stroke atau dua langkah,
generator linier dan ruang semi gas. Piston digerakkan oleh gas pembakaran,
sedangkan magnet yang melekat pada piston bergerak dalam kumparan linear,
sehingga mengubah energi kinetik (gerak bolak-balik piston) menjadi energi
listrik. Fitur yang paling utama dari teknologi Toyota FPEG ini adalah
langkah melingkar dan piston berbentuk lubang, yang mana tim pengembang
teknologi tersebut menyebutnya "Bentuk W". Pada bagian yang lebih kecil,
diameter piston adalah sama dengan ruang bakar, dan pada bagian yang lebih
besar-diameter merupakan ruang semi gas.
Dan demikianlah artikel tentang Teknologi Toyota Terbaru, Generator Piston Tanpa Crankshaft. Semoga bermanfaat.